Info Sekolah >>>
Sunday, 24 Oct 2021
  • Kegiatan Vaksinasi Dosis 1 untuk siswa hari ke 2, berjalan Lancar, 30 sep 2021            Pembelajaran Tatap Muka Terbatas akan dimulai pada Minggu Pertama bulan Oktober 2021

Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Alhamdulillah telah dilaksanakan kegiatan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk kelasa 11 di SMKN 1 Gebang, kondusif dan lancar tanpa ada gangGuan yang berarti. Semua peserta Hadir dan mampu menjawab semua soal-soal. Selain itu juga Kepala Sekolah dan Guru pun, melaksanakan kegiatan Assesmen, namun dilakukan secara mandiri dan online full, soal yang diberikan dalam bentuk SLB (Survey Lingkungan Belajar).

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri. Pada tahun 2016 dilaksanakan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 4382 sekolah yang tediri dari 984 SMP/MTs, 1298 SMA/MA, dan 2100 SMK. Jumlah sekolah yang mengikuti UNBK tahun 2017 melonjak tajam menjadi 30.577 sekolah yang terdiri dari 11.096 SMP/MTs, 9.652 SMA/MA dan 9.829 SMK. Meningkatnya jumlah sekolah UNBK pada tahun 2017 ini seiring dengan kebijakan resources sharing yang dikeluarkan oleh Kemendikbud yaitu memperkenankan sekolah yang sarana komputernya masih terbatas melaksanakan UNBK di sekolah lain yang sarana komputernya sudah memadai.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait

Pertemua dengan Orang Tua Siswa

Tuesday, 12 Oct 2021

Vaksinasi Covid-19 Untuk Pelajar

Wednesday, 29 Sep 2021

IHT (In House Trainning)

Saturday, 25 Sep 2021